Malang Creative Fusion

Grebek 1000 Ketupat Lepet Lebaran di Pantai Religi Ngantep Kabupaten Malang

Pantai Ngantep di Kabupaten Malang, Jawa Timur, menjadi saksi gelaran tradisi Grebeg Ketupat Lepet yang digelar setiap Hari Raya Idul Fitri.

Pantai Ngantep di Kabupaten Malang, Jawa Timur, menjadi saksi gelaran tradisi Grebeg Ketupat Lepet yang digelar setiap Hari Raya Idul Fitri.

Pantai Ngantep di Kabupaten Malang, Jawa Timur, menjadi saksi gelaran tradisi Grebeg Ketupat Lepet yang digelar setiap Hari Raya Idul Fitri. Acara ini dihadiri oleh ribuan orang yang datang bersama keluarga untuk melaksanakan ritual unik yang dipercayai membawa berkah.

1000 Ketupat dan 1000 lepet yang dikumpulkan dari warga sekitar dihias membentuk sebuah gunungan begitu juga dengan buah buahan dibentuk menjadi sebuah gunungan yang nantinya akan di arak menuju pendopo dan akan menjadi rebutan warga pasca dilakukan

Doa untuk Memohon Keselamatan.

Tak hanya Gunungan Besar Ketupat dan Buah-buahan namun juga ada dua gunungan kecil berisikan buah buahan maupun sayuran yang di kemas sedemikian rupa dan uboh rampe bunga setaman yang dilarung di pantai Nganteb.

Prosesi awal ritual grebeg ketupat ini terlebih dahulu gunungan kecil berisikan buah buan dan uboh rampe bunga setaman sebagai simbolis persembahan ini, terlbih dahulu diarak berjalan kaki menuju punden di puncak gunung batok yang tidak jauh dari areal kawasan pantai nganteb. 

Doa bersama dipimpin oleh tetuah tokoh masyarakt dikuti oleh masyarakat setempat maupun wisatawan lain yang ikut dalam tradisi selamatan ini dan berharap masyarakat desa Tumpakrejo sehat walafiat, banyak rezeki dan jauh dari bencana

Usai ritual doa bersama ini gunugan dan uboh rampe bunga setaman di arak menuju ke bibir pantai Nganteb untuk dilarung ke lautan lepas.

Usai dilakukan larung, ribuan orang yang memadati pendopo pantai ngantep tak sabar untuk saling berebut Gunungan Ketupat Lepet dan Gunungan Buah-buahan yang diletakkan di tengah pendopo.


" Tradisi grebeg 1000 ketupat lepet ini sebagai media silaturahmi untuk memperkuat silaturahmi diantara msyarakat dan berharap kesejahteraan petani dan nelayan pantai ngantep ini, ujar Pardi Staf Kecamatan gedangan. Lebih lanjut dia berharap dengan acara ini dapat mengembangkan kelestarian tradisi leluhur dan keberlangsungkan wisata Nganteb yang nyaman dan aman.

Tradisi Larung Ketupat di Pantai Ngantep memperlihatkan kekayaan budaya dan kearifan lokal yang masih dijaga dengan baik oleh masyarakat setempat. Semoga kegiatan ini tetap dapat dilestarikan dan menjadi bagian dari warisan budaya yang terus hidup dan berkembang di masa mendatang. (apryaje)