Malang Creative Fusion

Malang Creative Center : Menjadi Rumah Bagi Komunitas Kreatif di Kota Malang

Malang Creative Center (MCC) adalah pusat kegiatan bagi pelaku yang aktif di sektor industri kreatif.
Malang Creative Center (MCC) adalah pusat kegiatan bagi pelaku yang aktif di sektor industri kreatif. Tujuan utamanya adalah untuk memberdayakan dan mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) dalam industri kreatif dengan menyediakan fasilitas penunjang yang memadai. (doc/MCC)

Malang Creative Center (MCC) telah menjadi rumah bagi berbagai komunitas seni dan kreativitas di Kota Malang. Salah satu di antaranya adalah Komunitas Rajut Malang, yang mengadakan kegiatan rutin setiap bulan di tempat ini.

Dalam acara terbaru yang diadakan oleh Komunitas Rajut Malang, MCC memainkan peran penting sebagai fasilitator yang menyediakan ruang dan fasilitas untuk kegiatan tersebut. Dalam wawancara eksklusif dengan Kabar MCF, Dini Rachmawati, Founder dan Koordinator Komunitas Rajut Malang, mengungkapkan betapa pentingnya dukungan dari MCC dalam kesuksesan acara mereka.

"MCC memberikan fasilitas yang baik sehingga kegiatan kami bisa berjalan lancar. Mereka menyediakan ruang yang nyaman, dan segala sesuatu yang diperlukan untuk memfasilitasi workshop dan kegiatan komunitas kami," kata Dini.

Selain menyediakan ruang dan fasilitas, MCC juga memainkan peran penting dalam mempromosikan acara-acara komunitas kepada masyarakat luas. Melalui berbagai saluran komunikasi dan promosi, MCC membantu meningkatkan kesadaran dan partisipasi publik dalam kegiatan yang diadakan oleh Komunitas Rajut Malang.

Kerjasama antara Komunitas Rajut Malang dan MCC merupakan contoh konkret dari sinergi antara komunitas lokal dan pusat seni kreatif. Dengan bekerja sama, keduanya menciptakan lingkungan yang mendukung bagi para seniman dan penggiat seni di Kota Malang.

"Kami sangat bersyukur atas dukungan yang diberikan oleh MCC. Tanpa mereka, mungkin kami tidak akan bisa melakukan kegiatan kami dengan semulus ini," tambah Dini.

Tanggapan serupa juga datang dari Endahing Noor Wulandari, Pengajar / Mentor di Komunitas Pelanusa Indonesia. "Peran MCC sangat penting karena menyediakan ruang dan fasilitas (mesin jahit, mesin obras, meja, kursi, papan tulis) jadi tempat kami untuk bisa ‘Demo dan Try Error Produk’ dalam memberikan pembelajaran Hard Skill dan Soft Skill," ungkap Wulandari.

MCC terus berkomitmen untuk menjadi pusat seni dan kreativitas yang inklusif, terbuka untuk semua kalangan dan memberikan dukungan kepada komunitas-komunitas lokal untuk berkembang dan berkarya. Dengan peranannya yang konsisten sebagai fasilitator dan penyokong komunitas seni, MCC terus berperan dalam memperkaya dan memperluas ekosistem seni dan budaya di Kota Malang.