Malang Creative Fusion

Pamerkan Mesin Waktu, Himafo Sukses Memikat Pengunjung

Gedung Malang Creative Center (MCC) untuk kesekian kalinya menjadi tempat pameran foto. Dilaksanakan di lantai 4 pada tanggal 27 - 29 Juni 2024, Himafo (Himpunan Mahasiswa Penggemar Fotografi) Universitas Negeri Malang yang menjadi penyelenggaranya.

Pameran foto merupakan kegiatan tahunan pasca pendidikan yang diikuti seluruh anggota aktif Himafo. "Mesin Waktu menjadi tema pameran pada tahun ini. Ada 19 mahasiswa yang menunjukkan karya fotografi sesuai tema", ungkap Sapta panggilan akrab ketua panitia acara tersebut.

Tak hanya pameran foto, acara juga dimeriahkan dengan talkshow. Pematerinya merupakan fotografer senior yang sudah puluhan tahun bekerja di bidang fotografi, Jayadi Sugito. Jay (panggilan akrab Jayadi) memaparkan bahwa memotret harus memiliki 3 prinsip : Pahami, Rasakan, Nikmati.

Ketiga hal tersebut jika diterapkan dapat melahirkan karya yang luar biasa. Bahkan karya fotografi yang luar biasa dapat menjadi sebuah mesin waktu. "Kita tidak memerlukan mesin waktu jika kita sudah memiliki kamera.", ungkap Jay saat mengakhiri talkshow. 

Pameran Foto

Meski berstatus mahasiswa, kemampuan teknis fotografi peserta pameran sudah cukup baik. Tidak mengherankan karena mereka sudah diberi pelatihan intensif selama 3 bulan. Sekitar 1 bulan sebelum pameran, peserta diberi kesempatan untuk mengumpulkan foto sesuai tema. 

Karya yang dipamerkan mayoritas berjenis foto seri. Setiap peserta menampilkan 2 hingga 6 foto. Foto bertema Mesin Waktu umumnya diangkat dari kisah pribadi sang fotografer. Ada yang mereplikasi peristiwa saat mereka kecil, baik suka maupun duka. 

Meski demikian, ada pula yang menunjukkan karya foto berupa imajinasi (belum pernah dirasakan langsung oleh sang fotografer). Berbekal referensi di internet, peserta tampilkan foto 'jadul' yang cukup unik. Ada yang menampilkan mode berpakaian tahun 90an. Ada juga yang menggabungkan potongan foto lama Kota Malang dengan kondisinya saat ini.

Melalui jurnalis Kabar MCF, ketua panitia mengapresiasi kehadiran gedung MCC dan manajemennya. Himafo dapat menampilkan karya foto selama 3 hari di ruangan khusus pameran foto (lantai 4). Di dalamnya sudah ber-AC, ada sketsel untuk menggantung foto, dan tata pencahayaan yang baik. "Dan yang paling penting, semua fasilitas tersebut tanpa ditarik biaya apapun alias gratis.", ujar Sapta.