Malang Creative Fusion

DLH Provinsi Jatim Gelar Penilaian Desa Berseri Di Kebon Agung Kabupaten Malang

Melalui program Desa Berseri, Dinas Lingkungan Hidup Jawa Timur mengajak seluruh desa di Jawa Timur untuk bersama-sama membangun lingkungan.

Melalui program Desa Berseri, Dinas Lingkungan Hidup Jawa Timur mengajak seluruh desa di Jawa Timur untuk bersama-sama membangun lingkungan yang lebih bersih, lestari, dan berkelanjutan. (Foto/LKN)

Kab. Malang - Dengan tujuan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di wilayah Jawa Timur, Dinas Lingkungan Hidup Jawa Timur telah meluncurkan program Desa Berseri. Program tersebut dilaksanakan dengan harapan dapat mendorong desa-desa di Jawa Timur untuk lebih peduli terhadap lingkungan hidup, dengan melakukan berbagai upaya pelestarian serta pengelolaan yang berkelanjutan.

Kegiatan lanjutan setelah peluncuran program Desa Berseri tersebut dilakukan proses penilaian pada desa-desa yang masuk kriteria sebagai pelaku program Desa Berseri tersebut.

Salah satu lokasi yang dikunjungi untuk dinilai kali ini adalah RW 4 Kelurahan Kebon Agung di Jalan Tarupala kabupaten Malang hari Jumat kemarin (17/05/2024), dimana Tim Uji Verifikator Desa Berseri yakni  Prof. Sujiman hadir di lokasi bersama dengan Nugroho Rahardjo, S.T. dari Bidang PSLB3 Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur.

Selama penilaian tim penilai didampingi oleh Kepala Desa Kebon Agung dimana penilaian Program Desa Berseri di RW tersebut mengambil berbagai aspek seperti kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah, ketersediaan ruang terbuka hijau, hingga implementasi energi terbarukan.

"Penilaian akan dilakukan secara komprehensif dan transparan, melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat. Dengan adanya program penilaian desa berseri ini, kami berharap dapat memotivasi desa-desa di Jawa Timur untuk menjadi teladan dalam pelestarian lingkungan hidup. Desa-desa yang berhasil mencapai standar penilaian yang tinggi akan mendapatkan penghargaan dan insentif dari pemerintah," ujar Prof. Sujiman.

Desa-desa yang dinilai ditegaskan akan diberikan rekomendasi dan bimbingan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di wilayah tersebut.

"Semoga adanya program Desa Berseri ini dapat menjadi pendorong desa-desa lain di Jawa Timur untuk ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, sehingga tercipta lingkungan yang lebih bersih, hijau, dan berkelanjutan," pungkas Prof. Sujiman.(SLK/LAN)